KONSEP DASAR DAN DEFINISI
Konsep dasar dari New media adalah suatu media baru dimana
media tersebut dapat digunakan sebagai perantara antara perangkat digital
dengan manusia. Hal ini secara otomatis dapat membuat kita menjadi lebih
interaktif dalam melakukan suatu interaksi sosial dengan manusia lainnya. New
media dapat diartikan sebagai suatu media sosial yang dapat mempermudah
seseorang untuk menerima atau memberi suatu informasi. Teknologi yang paling
digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, sering memiliki karakteristik yang
dimanipulasi, melalui jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Contoh dari
macam-macam bentuk New media dapat berupa Blog, Website, Situs Jejaring Sosial,
Email, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk melakukan interaksi
secara digital.
Menurut Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, New
media didefinisikan menjadi delapan bagian, adapun 3 bagian diantaranya adalah
Ø Media baru
vs. Cyberculture
Cyberculture adalah fenomena sosial yang berkaitan dengan
internet dan juga jaringan komunikasi. Sedangkan New Media lebih mengarah
kepada benda berparadigma (smart phone, dan perangkat analog lainnya).
Ø New Media sebagai
Teknologi Komputer yang digunakan sebagai Platform Distribusi
New Media yang
berperan sebagai sarana distribusi, misalkan melakukan penjualan di
situs jejaring sosial.
Ø New Media sebagai
Data Digital Dikendalikan oleh Software
New Media mengandalkan representasi digital dan computer
berbasis pengiriman untuk melakukan berbagai kualitas umum, kemudian New Media
dijadikan sebagai data digital yang dapat dimanipulasi oleh perangkat lunak
lainnya.
PANDANGAN NEW MEDIA
New Media merupakan sebuah sarana baru yang dapat membantu
kita untuk meningkatkan interaksi sosial dengan manusia lainnya dengan
menggunakan berbagai macam alat digital seperti yang telah disebutkan
sebelumnya. Smartphone juga bisa dikatakan sebagai perangkat keras new media
selain komputer PC. Pengguna Smart Phone dan PC jelas bisa mendapatkan
keuntungan yang lebih dibandingkan dengan pengguna Ponsel biasa yang hanya bisa
melakukan komunikasi 2 arah saja, dimana dengan Smart Phone dan bantuan koneksi
internet, kita dapat lebih mengetahui berbagai informasi terbaru yang beredar
saat ini. Saya sebagai salah satu contoh pengguna sarana new media, yaitu Blog
dan Situs Jejaring Sosial, merasakan banyak sekali manfaat yang di dapat,
contohnya kita dapat bertukar informasi seputar masalah yang kita ingin kita
tahu dan masalah yang mungkin belum kita ketahui baik itu tentang pelajaran,
hiburan, bisnis, dan manfaat yang paling utama adalah akses untuk berinteraksi
dengan manusia lainnya.
KOMPONEN NEW MEDIA

dalam hal mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internet atau pun Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
MANFAAT NEW MEDIA
Dengan adanya teknologi New Media sangat jelas dirasakan
bagi kita, manusia, yang pada hakekatnya sebagai makhluk sosial untuk
mendapatkan berbagai macam informasi. New Media tidak membatasi sumber daya,
dan tidak membatasi adanya pengalaman yang interaktif. Berikut ini adalah
beberapa kelebihan dari New Media diantaranya :
Ø Globalisasi dan
media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara
manusia di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan fakta bahwa new media telah
memungkinkan setiap orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website,
gambar, dan user-generated media lainnya yang kemudian dapat diakses oleh
pengguna sarana new media lainnya secara global.
Ø Sebagai alat
untuk perubahan sosial
New Media sebagai sebuah wadah atau sebagai alat untuk para
aktivis dalam menyampaikan aspirasinya yang bersifat atraktif, mengajak,
sesuatu tentang sindiran, pergerakkan atau perubahan, seni, yang kemudian akan
menimbulkan sebuah perubahan sosial atau gejolak dalam kalangan masyarakat
luas. Mereka biasanya menggunakan sarana website, blog, dan video online untuk
menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.
Ø Keamanan nasional
New Media juga baru-baru ini menjadi "sasaran"
menarik bagi para komunitas spionase global karena mudah diakses secara
elektronik dalam format database dan dapat diambil dengan cepat yang kemudian
mungkin akan direkayasa oleh pemerintah nasional untuk menghindari terjadinya
hal-hal yang tidak diinginkan. Sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook
dan Twitter, merupakan dua situs yang menarik bagi para komunitas spionase,
karena setiap orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat
disaring dan diarsipkan untuk melakukan pengecekkan keamanan nasional.
Ø Interaktifitas
dan media baru
Interaktifitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media
baru dalam menggunakan pilihan yang berkembang mulai dari penyebaran cepat
jalur akses Internet, hingga digitalisasi media dan konvergensi media. Pada
tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang
memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktifitas dan
interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media akan mengalami perubahan
secara terus menerus karena berbagai faktor seperti selalu diubah dan
didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna itu sendiri, munculnya
teknologi baru yang berkembang, perubahan budaya, dll
APLIKASI-APLIKASI NEW MEDIA
Banyak
aplikasi-aplikasi dari new media yang memungkinkan kita untuk berinteraksi
dengan manusia lain atau pun hanya untuk sekedar mencari informasi. Berbagai
macam aplikasi-aplikasi tersebut, diantaranya :
Ø Facebook
Facebook adalah jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya. Facebook diluncurkan pada tahun 2004. Media jejaring sosial ini adalah contoh aplikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya di seluruh dunia seakan tanpa ada batasan geografi. Facebook memungkinkan semua orang dapat terdaftar dan menggunakan media aplikasi ini dengan batasan umur minimal 13 tahun.
Ø Twitter
Twitter adalah
sebuah situs web mikroblogging yang memungkinkan penggunannya mengirim atau
membaca pesan yang bisa disebut tweets (kicauan). Pesan dalam mikroblogging ini
hanya dibatasi 140 karakter untuk tiap penulisannya.
Ø YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang dapat diakses oleh masyarakat dunia yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Paypal, Chad Hurley, Steven Chen dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar se besar 43 persen. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik, film, TV serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flashplayer.
Ø Wikipedia
Wikipedia, sebuah aplikasi new media yang bukan merupakan salah satu dari bentuk social networking yang banyak dikenal, karena Wikipedia ini merupakan salah satu fasilitas edukasi yang ditawarkan, dimana pengaksesannya menggunakan media elektronik seperti internet.
Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi
yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, Wikipedia juga memuat
artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah, spesialis,
dan topik topik berita yang masih hangat.
Wikipedia berawal sebagai projek sampingan Nupedia,
ensiklopedia bebas yang artikelnya ditulis oleh para ahli Larry Sanger, yang
mendirikan Nupedia bersama Jimmy Wales, melontarkan ide mengenai ensiklopedia
berbasis wiki pada 10 Januari 2001 di milis Nupedia. Kemudian pada 15 Januari
2001, Wikipedia secara resmi diluncurkan.
Ø Foursquare
Foursquare, ini adalah sebuah aplikasi layanan sosial yang dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs ini memungkinkan kita untuk memberitahu lokasi dimana kita berada dengan bantuan GPS. Pengguna "check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerak, pesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.
Foursquare, ini adalah sebuah aplikasi layanan sosial yang dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Situs ini memungkinkan kita untuk memberitahu lokasi dimana kita berada dengan bantuan GPS. Pengguna "check-in" (cek masuk) di berbagai tempat melalui situs web bergerak, pesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilacak oleh aplikasi tersebut.
SUMBER :
www.google.co.id
www.wikipedia.co.id
0 komentar:
Posting Komentar